Minggu, September 07, 2008

PEDOMAN PENULISAN di Jurnal PASAI Universitas Malikussaleh


PASAI merupakan jurnal ilmu-ilmu sosial, hukum, dan politik yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Malikussaleh. Jurnal ini memuat makalah hasil penelitian, catatan hasil penelitian, artikel ulas balik, dan ulasan penelitian mengenai masalah Aceh, perdamaian, dampak bencana tsunami, pengaruh asing, ulama, budaya lokal, gerakan separatis, , produktivitas perairan, pencemaran perairan, lingkungan pesisir dan masalah lainnya yang relevan baik dalam bahasa Indonesia menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan maupun bahasa Inggris ejaan menurut Oxford Dictionary.
Terbit perdana pada bulan Desember 2007 yang selanjutnya akan terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun. Naskah dikirimkan kepada :

EDITOR

Jurnal PASAI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Malikussaleh
Jl. Panglateh No. 10, Keude Aceh,

Lhokseumawe 24315
Nanggroe Aceh Darussalam
Telp : 0645 – 47512 Fax : 0645 – 47146
e-mail : jurnalpasai@unimal.ac.id




Catatan untuk Penulis :

  1. Bidang. Tulisan-tulisan yang dimuat dalam Jurnal Pasai merupakan makalah hasil penelitian, catatan hasil penelitian, artikel ulas balik, dan ulasan penelitian sumberdaya perairan.

  1. Isi. Hasil-hasil penelitian mengenai Aceh, konflik dan perdamaian, dampak bencana tsunami, pengaruh asing, ulama, budaya lokal, gerakan separatis dan masalah lainnya yang relevan.

  1. Bahasa. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan atau dalam bahasa Inggris ejaan menurut Oxford Dictionary.

  1. Naskah. Naskah diketik rapi 1 spasi pada kertas A4 dengan pias 2 centimeter dengan huruf bertipe Times New Roman berukuran 12 point. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan tabel dikelompokkan bersama di bagian akhir naskah pada lembaran terpisah.
    Penulis diminta mengirimkan tiga eksemplar naskah kepada editor yang dilengkapi dengan CD/e-mail naskah tersebut dan pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh semua penulis bahwa naskah tersebut belum dipublikasikan. Penulis akan mendapat dua cetak lepas setelah terbit. Naskah diketik dengan program Microsoft Word. Hasil penelitian dan ulas balik ditulis kurang lebih 6-10 halaman, termasuk gambar dan tabel. Nama organisme (Indonesia/daerah) yang tidak umum dikenal harus diikuti nama ilmiah dicetak miring.Jika terdapat tulisan yang kurang jelas maknanya maka Editor berhak untuk mengeditnya menjadi bahasa yang lebih mudah dipahami pembaca.
    Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:
    1. Judul dalam bahasa Indonesia dan Inggris untuk artikel dalam bahasa Indonesia, dan judul dalam bahasa Inggris untuk artikel berbahasa Inggris
    2. Nama lengkap penulis
    3. Nama lembaga/institusi,
    4. Judul singkat (Running title)
    5. Abstrak
    6. Kata kunci dalam bahasa Inggris
    7. Pendahuluan
    8. Metode
    9. Hasil
    10. Pembahasan
    11. Ucapan terima kasih (jika diperlukan)
    12. Daftar Pustaka
    13. Gambar dan Tabel, beserta keterangannya.

  1. Abstrak. Abstrak dibuat dalam Bahasa Inggris dengan masing-masing tidak boleh lebih dari 250 kata diletakan di bagian depan tulisan.
  2. Gambar. Gambar dalam bentuk grafik harus asli (bukan hasil fotokopi) dengan ukuran lebar (sisi horizontal) maksimum 8,5 cm. Angka dan huruf keterangan gambar menggunakan huruf bertipe Times New Roman berukuran 8 point. Gambar dalam bentuk foto hitam-putih dicetak pada kertas glossy berukuran kartu pos.
  3. Tabel. Tabel yang memuat angka dan huruf menggunakan huruf bertipe Times New Roman berukuran 8 point.
  4. Sitasi. Sitasi (citation) ditulis seperti contoh : SERENE (1972), (SERENE 1972), (SERENE & MOOSA 1972), (SERENE 1970; MOOSA 1974), (SERENE et al 1972).
  5. Referensi. Hanya referensi yang dikutip perlu dimasukan dalam Daftar Pustaka, ditulis memakai sistem nama-tahun dan disusun secara abjad. Beberapa contoh penulisan sumber acuan sebagai berikut :

    Jurnal

Rochford, D. J. 1969. Seasonal variation in the Indian Oceanalong 110oC E.I. Hydrological structure of the upper 500m. Austr. J. Mar. Fresswast. Res. 4 (20) : 1-50.



Buku

Muilier - Dombois, D. And H. Ellenberg 1974.


Aims and Methods of ecology. John Wiley & Sons Inc. New York : 547 pp.



Bab dalam buku

Pannevis, M. C. 1993. Nutrition of Ornamental Fish. In : Burger (ed). The waltham Book of Companion Animal Nutrition. Pergomon Press. Oxford, pp 85-96.



Abstrak

Samuel, Susilo A., Akrimi, 1995. Beberapa Aspek BiologiIkan Baung (Mistus nemurus) di Daerah Aliran Sungai Batanghari, Propinsi Jambi. Abstrak Oseanologi dan Limnologi di Indonesia; Jakarta, 1-13 Jan 1995. A-28,hlm 10.



Prosiding

Raul, V. 1972. Pharmacologically active substances of marine Origin. In : “Food and Drugs from the Sea” Proceedings (LR. Worthern, Ed) Marine Science Center, University of Puerto Rico : 299-307.



Skripsi/Tesis/Disertai

Tjahyadi MR.1994. Bakteri penghambat Vibrioharveyi untuk menanggulangi penyakit berpendar pada larva udang windu (Penaeus monodon Fab.) [Skripsi]. Bogor: Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor.



Informasi dari Internet

Fahruddin. 2002. Pemanfaatan, Ancaman, dan Isu-isu Pengelolaan Ekosistem Padang Lamun. http://rudyct.tripod.com/sem2_012/fahruddin.htm. [21 Agust 2004].

  1. Biaya. Naskah yang dimuat dikenakan biaya pencetakan yang besarnya akan ditentukan kemudian.

Tidak ada komentar: