PETUNJUK PENULISAN BUKU Madani Press

Madani Press adalah sebuah penerbit yang ditujukan untuk komunitas ilmiah dan praktisi di dunia pemikiran Islam, pemikiran sosial-politik, ekonomi dan budaya dan mengajak kalangan perguruan tinggi, dan lembaga penelitian yang berkaitan dalam bidang penelitian sosial, ekonomi dan politik untuk bergabung menjadi penulis buku.

Madani Press dapat menerima dan menerbitkan artikel yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai (1) karya penelitian yang orisinil dan signifikan pada pembahasan sosial dan politik dan kajian Islam Islam umumnya; (2) karya penelitian dan review mendalam yang mampu menumbuhkan minat bersama untuk menemukan aplikasi yang tepat. Naskah harus ditulis dengan metodologi yang benar, baik, menarik, dan terorganisir.

Naskah terdiri dari judul, nama, profesi dan alamat penulis abstrak, keywords, pendahuluan, isi naskah, kesimpulan dan daftar pustaka. Abstrak berisi uraian singkat tentang rumusan masalah, pendekatan, hasil pembahasan dan kesimpulan. Sedapat mungkin tidak berisi formula dan referensi serta memuat maksimal 200 kata dengan menggunakan dua bahasa (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia), 1 spasi huruf Times New Roman, ukuran 10 mudah dimengerti oleh berbagai pihak. Keywords: berisi maksimal 4 kata kunci yang digunakan Isi Naskah diketik dalam format .rtf (rich text format) Microsoft Word, ukuran kertas kuarto (letter), spasi 1cm menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, kecuali judul yaitu 14 pt, marjin kiri 1,5 cm, marjin kanan 1 cm, marjin atas 2 cm, dan marjin bawah 2 cm, Dapat terdiri dari beberapa bab secara terpisah. Untuk kepentingan kemudahan dalam pembacaan artikel, dianjurkan untuk membatasi jumlah model matematik yang dituliskan dalam artikel, untuk kasus penggunaan model matematik yang ekstensif dianjurkan untuk menempatkannya pada appendix dari artikel. Penulisan persamaan, gambar dan tabel diberi nomor sesuai dengan urutan pemunculan. Nomor persamaan ditulis di pinggir kanan dengan menggunakan nomor arab dan berkurung ( ). Nomor dan judul gambar ditulis di bawah gambar. Sedangkan nomor dan judul tabel di tulis di atas tabel.

Penggunaan referensi dalam pendahuluan, isi naskah dan kesimpulan menggunakan style Turabian atau Chicago atau MLA atau APA. Referensi yang digunakan dibuat daftarnya sesuai dengan urutan abjad nama penulisanya dengan contoh format (buku dan jurnal) seperti pada daftar pustaka. Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut.

Buku

Belch, G.E and M. A. Belch. 2004. Advertising and Promotion: an integrated marketing commnunications perspective, 6th ed., The McGraw-Hill/Irwin, New York.

Ramakrishnan, R and Johnson G. 2003. Database Management System, 3rd ed., McGraw-Hill, New York.

Jurnal

Kapczakaland, LR and M. E. Johson. 2003. "The Supply-chain Management Effect", MitSloan Management Review, Vol. 44 No. 3 (Spring 2003), pp. 27 - 34.

Toha, I S dan Halim A H. 1999. "Algoritma Penjadwalan Produksi Berbasis Jaringan untuk Penggunaan Sumber Tunggal dan Simultan", Jurnal TMI, No. 19, hal. 10-20.

Postingan Populer