Toreh Imajinasimu Gapai Mimpimu (Kumpulan Cerpen)


Editor: Dr. Erianti, S.Ag., M.Pd & Zubaidah, M.Pd

Madani Press, 2023, 244 halaman







Semangat menulis terus kami lakukan di MTsN 2 Pidie Jaya hingga menghasilkan penulis yang handal. Gerakan menulis ini dinamai dengan GESGUM (Gerakan Siswa dan Guru Menulis), gerakan ini mengajak semua guru dan siswa menulis secara bebas dan menyenangkan. Dan program ini insya Allah menjadi salah satu Program Unggulan MTsN 2 Pidie Jaya. Saya sebagai Kepala MTsN 2 Pidie Jaya berharap kerjasama ini terus berlanjut dan melalui GESGUM MTsN 2 Pidie Jaya terus berkarya.


Zubaidah, M.Pd., adalah guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 2 Pidie Jaya, Aceh. Dialah pencetus GESGUM (Gerakan Siswa dan Guru Menulis) pada tahun 2018. Sejak itu ia tak henti-hentinya mengajak seluruh warga sekolah; baik guru maupun murid untuk giat dan produktif dalam menulis. Sudah cukup banyak karya tulis yang dihasilkan terutama berupa cerita pendek dari komunitas Gesgum ini. Buku ini merupakan kumpulan bebarapa tulisan yang terpilih dari para guru dan siswa MTsN 2 Pidie Jaya. Semoga bermanfaat.***

Erianti, S.Ag, M.Pd, lahir di Banda Aceh, 26 Juni 1973. Saat ini ia bertempat tinggal di Gampong Blang, Kab. Pidie Jaya. Erianti dilahirkan dari pasangan bapak Drs. Zamzami Aziz dan ibu Nurhayati Nyak Bintang (Alm). Selain menulis, Ibu Kepala Madrasah ini juga hobi membaca dan travelling. Kegiatan-kegiatan hobinya itu ia lakukan di sela-sela kesibukannya selaku Kepala MTsN 2 Pidie Jaya.
Pengalaman menarik selama di Jepang menjadi inspirasi baginya untuk menuangkannya dalam sebuah buku yang berjudul: Wan Week In Japan, Kisah Perjalanan, (Tim Artline Aceh Ka Jadeh Carong Ke Jepang, 2019). Sebelum itu, dua buah karya tulis buku yang lain adalah yang berjudul: Menabur Hati Membangun Pendidikan dan Beginilah cara Allah Mengajari Saya. Menurut pengalamannya sebagai Kepala Madrasah, sejak adanya program GESGUM (Gerakan Siswa dan Guru Menulis) di MTsN 2 Pidie Jaya, minat siswa dan guru menulis bertambah. Program unggulan ini dilakukan dengan diawali siswa dan guru menulis bersama di lapangan madrasah yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Kemudian berlanjut ke dalam ruangan laboratorium komputer. Hingga hari ini GESGUM MTsN 2 Pidie Jaya telah menghasilkan 14 buah karya buku. Sebagai Kepala Madrasah ia sangat mengapresiasi kegiatan GESGUM ini, dan berharap semoga kegiatan ini terus berlanjut dan bermanfaat.
Buku ini merupakan hasil karya siswa yang kesekian kali. Sebuah sisi yang menarik adalah murni karya siswa menceritakan impian, pengalaman, dll yang siap dituangkan dalam bentuk tulisan.***



Postingan Populer